in Klinik

Raspberry Pi 2 GPIO Ultrasonic Range Sensor

Kemarin beli juga ultrasonic range HC-SR04 seharga Rp47.500, harga yang sepadan dibandingkan dengan akurasinya. Mengkomunikasikan sensor ini dengan Raspberry Pi 2 ternyata tidak sukar.

HC-SR04

HC-SR04

Terdapat 4 pin pada sensor ini.

  1. VCC, untuk sumber tegangan 5V.
  2. TRIG, trigger pulse input, berfungsi mengirim perintah untuk mentrigger sensor untuk mengirim ultrasonic pulse (dan menyimpan waktu pengiriman) yang akan menabrak obyek terdekat. Kembalian dari gelombang tersebut akan ditangkap oleh sensor (mengingat waktunya), kemudian sensor menghitung waktu yang dibutuhkan antara pengiriman gelombang dan kembalinya. Sensor kemudian mengirim sinyal HIGH (5V) pada ECHO.
  3. ECHO, durasi HIGH pada pin ini sama dengan durasi antara waktu kirim dan kembali gelombang (ultrasonic pulse). Kode kita menghitung durasi tersebut untuk mendapatkan nilai jarak.
  4. GND, sepertinya tidak perlu penjelasan untuk pin Ground (GND).

Sensor ini menggunakan input 5V dan output yang dikirimkan pada pin ECHO juga 5V. Hal tersebut tidak sehat untuk GPIO pin pada Raspberry yang hanya membolehkan input 3,3V. Karena itu kita membutuhkan Voltage Divider menggunakan 2 resistor pada koneksi pin ECHO dan GPIO 24.

Peralatan yang digunakan selain Raspi dan ultrasonic sensor adalah kabel jumper, transistor 1KΩ dan 2KΩ, juga breadboard.

Diagram Rangkaian.

Diagram Rangkaian

Diagram Rangkaian

Wiring saya.

Wiring

Wiring

Wiring

Wiring

Kode distance.py.

Hasilnya.

Salam.

Lebih lanjut:

http://www.modmypi.com/blog/hc-sr04-ultrasonic-range-sensor-on-the-raspberry-pi

https://www.sparkfun.com/quiz/46

http://komponenelektronika.biz/sensor-ultrasonik.html

Write a Comment

Comment

  1. permisi mas mau tanya, kalo ultrasonik dpasang untuk mengambil gambar pada kamera raspberry bisa tidak ya, jadi ketika objek terdeteksi kamera langsung mengambil gambar